Apa Itu Warung Pintar ?

Sekarang lagi viral tentang generasi 4.0, nahhh seperti generasi yang semakin bertambah modern ini, warung pun ber evolusi dari warung saja menjadi warung pintar, heheh kayaknya tidak mau kalah dengan listrik pintarnya punya PLN, warung pintar ini sekarang banyak tumbuh dan berkembang didaerah jabodetabek dan banyuwangi, sedangkan untuk daerah-daerah lain sepertinya belum terealisasi, atau mungkin masih dalam proses oleh team start up dari warung pintar sendiri.

Data Informasi Pendiri Start up Warung Pintar

Founder: Agung Bezharie, Harya Putra, Sofian Hadiwijaya, Pandu Kartika Putra
Industri: platform bisnis warung modern
Status pendanaan: tidak disebutkan

saya sendiri heran, dengan ide sesederhana ini kenapa kok bisa start up ini bisa mendapatkan pendanaan yang tidak sedikit plus tumbuh kembangnya juga luar biasa, nahhh kalau ada sesuatu yang luar biasa ini pasti ada sebab dan musababnya yang luar biasa juga, ternyata usut punya usut ternyata pemrakarsa start up warung pintar ini orang yang punya kemampuan yang sudah terbukti di dunia start up Indonesia, seperti Agung Bezharie (mantan Investment Associate East Ventures) dan Sofian Hadiwijaya (mantan VP of Business Intelligence GO-JEK), nahhh sudah tau kan kenapa start up ini bisa melejit tidak seperti start up saya hehe.

Apa yang didapatkan mitra

Warung Pintar menyediakan solusi menyeluruh (seperti pencarian lahan usaha hingga kebutuhan dana) bagi orang yang ingin memulai bisnis warung, serta platform untuk berinvestasi kepada pemilik warung.
Selain itu, Warung Pintar juga melayani para pengusaha warung melakukan modernisasi bisnis, seperti:

  • Akses ke barang kebutuhan sehari-hari dengan harga lebih murah,
  • Melengkapi infrastruktur warung dengan beragam perangkat elektronik,
  • Pemanfaatan software guna menunjang usaha,
  • Memungkinkan warung menjual barang digital,
  • dan lain-lain.

“Di Jakarta sendiri, terdapat lebih dari 50.000 warung pada tahun 2014. Berdasarkan penelitian yang kami lakukan, satu warung rata-rata menghasilkan pendapatan sekitar Rp1,5 juta per hari,” ujar Harya Putra, mantan Expansion Head dari co-working space EV Hive.

gambar warung pintar masih tutup

gambar warung pintar masih tutup

Melihat hal tersebut, perusahaan modal ventura East Ventures1 berinisiatif membuat sebuah perusahaan yang bisa meningkatkan kualitas warung tradisional dengan bantuan teknologi. Perusahaan tersebut diberi nama Warung Pintar.

Perusahaan ini pun menjadi perusahaan independen kedua yang dibuat oleh East Ventures. Sebelumnya, mereka membuat startup co-working space EV Hive.

Warung Pintar sendiri merupakan solusi end to end yang bisa membantu kamu mencari lahan dan dana untuk membuka warung baru. Lewat platform yang mereka sediakan, kamu pun bisa menjadi investor dan memberikan pendanaan kepada orang-orang yang berniat mendirikan warung.

Sedangkan untuk warung yang sudah beroperasi, Warung Pintar bisa memberikan bantuan seperti berikut:

  • Akses mudah ke berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah
  • Bantuan aktivitas promosi untuk meramaikan warung, seperti promo dan acara nonton bareng
  • Renovasi warung dengan infrastruktur seperti fasilitas charger smartphone untuk pengunjung, layar LCD, hingga kamera CCTV
  • Pelatihan dan pendampingan untuk penggunaan software untuk mencatat stok dan mengelola keuangan Memungkinkan warung untuk menjual produk digital, seperti tiket pesawat, tiket kereta api, pulsa, hingga barang-barang yang dijual di e-commerce.

Team Warung Pintar Saat Ini

Warung Pintar dioperasikan oleh tim yang telah berpengalaman di dunia startup. Di posisi CEO ada Agung Bezharie yang pernah menjadi Investment Associate di East Ventures, sedangkan di posisi COO ada Harya Putra.

Mereka pun menggandeng Sofian Hadiwijaya, yang berpengalaman sebagai Technology Evangelist Kudo, co-founder Pinjam, serta VP of Business Intelligence GO-JEK. Selain itu juga ada Pandu Kartika Putra, yang aktif di Code for Bandung dan Code4Nation.

Hingga saat ini, mereka telah mempunyai 1000an lebih warung yang tersebar di Jabodetabek.

gambar fasilitas warung pintar

gambar fasilitas warung pintar

East Ventures pun akan memanfaatkan para portofolio team mereka. Contohnya dengan menggunakan:

  • Moka POS sebagai aplikasi kasir
  • Jurnal sebagai aplikasi pencatatan keuangan dan akuntansi
  • Kudo sebagai platform penjualan tiket, pulsa, dan barang-barang yang dijual di e-commerce
  • Do-Cart untuk pengadaan produk dan distribusi
  • Waresix untuk sistem distribusi gudang

sudah jelas kan siapa dan apa startup warung pintar.

sumber : trentech.id

 

 

Previous

Next

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Daftar Warung Pintar - idekecil.com - […] yang belum tahu apa itu warung pintar, silahkan baca disini ya ” artikel warung pintar “, nahh sekarang mimin…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *